15 Bank dengan Suku Bunga KPR Rendah per April 2023

  • Home
  • Blog
  • 15 Bank dengan Suku Bunga KPR Rendah per April 2023

15 Bank dengan Suku Bunga KPR Rendah per April 2023

  • May 14, 2023
Image

Oneindo.id – Di bulan April 2023, ada beberapa bank yang menawarkan suku bunga KPR rendah. Bagi Anda yang berencana membeli rumah dengan KPR, kesempatan bagus ini tentu sayang jika dilewatkan begitu saja.

Apalagi di lokasi-lokasi favorit kenaikan harga rumah biasa terjadi per kuartal atau tiga bulan sekali. Jadi sebelum harga naik, segera kunci harga rumahnya dari sekarang. Akan tetapi, sebelum berencana mengajukan KPR, penting untuk Anda mengetahui lebih detail seputar seluk beluk KPR. Diantaranya:

  • Pengertian KPR
  • Jenis-Jenis Bunga KPR Di Indonesia
  • Cara Menghitung Bunga KPR
  • Take Over KPR
  • Lima Pilihan Bank KPR dengan Suku Bunga Rendah
  • Simulasi Perhitungan KPR Rumah
  • Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Debitur tentang Bunga KPR

Pengertian KPR

KPR merupakan singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah, yaitu produk pembiayaan untuk pembeli rumah dengan skema pembiayaan sampai dengan 85% – 90% dari harga rumah.

Hingga saat ini KPR disediakan oleh perbankan, walaupun sudah ada perusahaan pembiayaan yang menyalurkan pembiayaan dari lembaga sekunder untuk pembiayaan perumahan (housing financing).

Pengembang biasanya sudah bekerja sama dengan bank untuk mempermudah proses pengajuan KPR. Oleh sebab itu, salah satu pertimbangan saat membeli rumah adalah bank yang menyalurkan KPR.

Permohonan KPR diajukan dengan mengisi formulir pemesanan unit dari pengembang serta melunasi biaya pemesanan dan uang muka. Lengkapi formulir pengajuan kredit dan siapkan dokumen-dokumen penting seperti yang tertera dalam daftar syarat KPR berikut ini.

  • Warga Negara Indonesia (WNI) dan memahami hukum.
  • Bagi karyawan, usia minimal adalah 21 tahun dan maksimal 55 tahun.
  • Bagi wiraswasta dan profesional, usia minimal adalah 21 tahun dan maksimal 65 tahun.
  • Memiliki penghasilan rutin setiap bulan.
  • Sudah bekerja minimal dua tahun untuk karyawan.
  • Sudah menjalankan usaha minimal tiga tahun untuk wiraswasta dan profesional .

 

Luangkan waktu untuk membandingkan tawaran KPR dari beberapa bank.

Jenis-Jenis Bunga KPR Di Indonesia

Suku bunga KPR tetap (fixed) dan fluktuatif (floating) merupakan dua jenis sistem penentuan suku bunga pinjaman yang dikenal dalam dunia perbankan.

Biasanya, orang awam akan sulit menentukan pilihan diantara keduanya, apalagi bila tidak mengetahui dengan pasti cara perhitungan bunga tersebut. Secara singkat, berikut pengertian dari keduanya.

  • Bunga Tetap (Fixed Rate)

Bunga dikenakan ke debitur dengan patokan angka tertentu selama tenor tertentu. Misalnya, suku bunga tetap 7% selama setahun. Artinya, di tahun pertama suku bunga tetap 7% kendati suku bunga pasar fluktuatif.

  • Bunga Mengambang (Floating Rate)

Bunga yang diterapkan kepada debitur mengikuti fluktuasi suku bunga acuan (BI rate). Bank biasanya menerapkan kombinasi bunga dalam sebuah produk KPR.Misalnya, Anda membayar cicilan dengan bunga tetap selama beberapa tahun pertama, kemudian melunasi sisanya dengan bunga mengambang. Atau, bisa juga sejumlah pokok dikenai bunga tetap, dan sisanya dikenai bunga mengambang. Suku bunga KPR tetap (fixed) dan fluktuatif (floating) merupakan dua jenis sistem penentuan suku bunga pinjaman yang dikenal dalam dunia perbankan.

  • Bunga Capped

Selain kedua jenis bunga tersebut, ada beberapa bank yang menawarkan bunga capped atau dibatasi. Bunga capped bersifat seperti bunga mengambang, namun dibatasi. Contohnya, jika Anda mendapatkan bunga capped sebesar 10%, maka bunga yang dikenakan kepada Anda akan fluktuatif sesuai pasar namun maksimal 10%. Jika bunga di pasaran mencapai 11%, maka Anda hanya akan dikenakan bunga sebesar 10%. Namun jika bunga turun hingga 9%, bunga yang dikenakan kepada Anda juga turun hingga 9%.

 

Cara Menghitung Bunga KPR

Terdapat tiga metode dalam perhitungan Bunga KPR. Metode atau cara untuk menghitung Bunga KPR antara lain metode efektif, flat, dan anuitas

1. Menghitung Bunga KPR dengan Metode Efektif

Jumlah bunga ditentukan berdasarkan perkalian tingkat suku bunga dengan sisa pokok pinjaman. Setiap bulannya, saldo pokok pinjaman akan berkurang seiring dengan pelunasan cicilan Anda. Maka, dalam metode ini, debitur akan membayar jumlah bunga KPR yang menurun setiap bulannya.

2. Menghitung Bunga KPR dengan Metode Flat

Dengan metode flat, bank pemberi pinjaman akan menghitung bunga berdasarkan pokok pinjaman di tahap awal. Berbeda dari metode efektif yang berdasarkan sisa pinjaman. Maka, debitur harus membayar jumlah bunga yang sama setiap bulan, lantaran pokok pinjaman karena faktor pengali dari bunga tidak berubah. Dengan demikian, porsi pokok dan porsi bunga kpr pun dalam jumlah cicilan yang tidak berubah.

3. Menghitung Bunga KPR dengan Metode Anuitas

Metode anuitas bisa dikatakan sebagai modifikasi dari metode efektif. Metode ini mengatur jumlah angsuran pokok dan bunga yang dibayar senantiasa sama setiap bulannya. Besaran bunga anuitas akan disesuaikan berdasarkan jumlah angsuran pokok yang berubah setiap bulannya, agar total angsuran tetap sama setiap bulannya.

Take Over KPR

Take over KPR bisa jadi opsi tepat apabila Anda ingin membeli rumah di lokasi tertentu dengan harga relatif miring. Sebab membeli rumah yang sedang dicicil atau take over kredit, acapkali disebabkan si pemilik rumah atau penjual sedang butuh uang dalam waktu cepat.

Pihak perbankan pun melihat ini sebagai pangsa pasar yang prospektif, sehingga biasanya memberi banyak kemudahan terutama bagi nasabah yang dinilai bankable. Jika Anda tertarik untuk memilih opsi take over KPR, maka penjelasan dan caranya yang lebih detail bisa Anda simak dalam ulasan Take Over KPR, Bagaimana Caranya?

Lima Pilihan Bank KPR dengan Suku Bunga Rendah

Setelah merasa sudah siap untuk mengajukan KPR, hal lain yang tak kalah penting adalah melakukan perbandingan nilai suku bunga antar bank. Sebab, bank acapkali menawarkan promo suku bunga KPR rendah dalam rentang waktu terbatas.

Momen inilah yang harus segera dimanfaatkan oleh debitur agar jumlah angsurannya menjadi lebih ringan. Agar memudahkan Anda dalam memilih bank mana yang tepat, Rumah.com telah merangkum lima bank dengan penawaran suku bunga KPR rendah per April 2023.

1. Bank BTN

Terhitung mulai 1 Januari 2023, BTN akan menaikkan bunga KPR kolaborasi dengan pengembang pilihan menjadi 5,46%. Selain itu, BTN juga memiliki program bunga fixed dua tahun mulai 7,59% dan bunga fixed 20 tahun dengan bunga 11,59% untuk nasabah berpendapatan tetap dan 12,59% untuk non fixed income. Bunga tetap sampai 20 tahun diberikan sebagai pilihan, adapun bunga floating BTN saat ini mencapai 12,5%.

2. Bank BNI

Meski tren suku bunga naik, BNI masih terus menawarkan bunga promo KPR. Suku bunga ringan di BNI mulai 2,76% dengan tenor mencapai 30 tahun. Di sisi lain, berdasarkan Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) untuk KPR di BNI sebesar 7,25%.

3. Bank Mandiri

Sama seperti BNI, SBDK bunga KPR Mandiri sebesar 7,25%. Hingga awal 2023, Mandiri memiliki beberapa promo bunga KPR, seperti bunga 4,18% fixed selama tiga tahun, bunga 3,88% untuk fixed tiga tahun, 4,88% fixed lima tahun, 8,5% fixed 10 tahun, dan yang tertinggi 9,55% fixed 10 tahun.

Bank Mandiri juga memberikan penawaran suku bunga berjenjenjang fixed 10 tahun, mulai dari 3,98% fixed tahun pertama hingga tahun ketiga. Kemudian, 7,68% fix tahun keempat hingga tahun keenam, lalu 9,68% fixed tahun ketujuh hingga tahun kesepuluh.

Promo suku bunga di atas berlaku untuk pengajuan KPR:

  • Pembelian properti baru dari pengembang unggulan pilihan dengan memperhatikan syarat dan ketentuan yang diberlakukan
  • Untuk pengajuan KPR nasabah pilihan Bank Mandiri
  • Untuk pembelian properti bekas dengan memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku

4. Bank BCA

KPR BCA senantiasa menawarkan suku bunga fix berjenjang yang memberikan suku bunga ringan. BCA menawarkan kesempatan terakhir untuk mendapatkan bunga cantik sebesar 3,85% fixed 3 tahun dengan minimal tenor 10 tahun. Selain itu BCA juga menawarkan berbagai pilihan suku bunga spesial KPR BCA lainnya yang bisa Anda nikmati.

5. Bank BRI

BRI juga menawarkan bunga KPR yang cukup rendah. Bunga terendah di BRI yakni 1,27% selama setahun pertama kredit. Bahkan hingga akhir tahun, BRI tengah menyediakan promo bunga KPR mulai dari 1,27% fixed 1 tahun, 2,77% fixed 2 tahun, 3,1% fixed 3 tahun, dan 4,57% fixed 5 tahun.

 

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Debitur tentang Bunga KPR

Setelah memilih bunga KPR yang cocok untuk Anda, tetap saja masih ada perlu yang Anda ketahui, agar tidak salah langkah. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan tentang Bunga KPR:

  1. Down Payment atau DP harus diperhatikan saat memilih bunga KPR terkait
  2. Pastikan Anda telah membandingkan tingkat dan jenis bunga KPR
  3. Tentukan masa pinjaman KPR Anda
  4. Pastikan Anda telah membaca seluruh kebijakan Bank yang Anda pilih
  5. Anda perlu melunasi kredit sebelum masa cicilan habis
  6. Ketahui penurunan sisa nilai KPR

Dengan data di atas, Anda yang sudah dapat membuat keputusan untuk memulai KPR. Apabila Anda sudah menentukan bank mana yang akan Anda pilih, segera lakukan transaksi yang sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Mencari Rumah Terbaik?

Kami bisa membantu anda dalam mencari rumah terbaik